sumber danbo |
If kids
come to us from strong, healthy functioning families, it makes our job easier.
If they do
not come to us from strong, healthy, functioning families, it makes our job
more important.
Sebagai seorang guru (pendidik), bila
murid-murid kita berasal dari keluarga yang harmonis dan bahagia, maka tugas
kita akan semakin mudah.
Tetapi bila murid kita TIDAK berasal dari
keluarga yang harmonis dan bahagia, maka tugas kita menjadi semakin PENTING.
(Walau lebih mudah mendidik anak-anak yang
"sudah baik", tetapi tugas pendidik yang sejati adalah mendidik
mereka yang masih "mencari jalannya" ini.
~ Barbara
Colorose ~
Teachers
affect eternity; no one can tell where their influence stops.
Guru atau pendidik memiliki pengaruh yang
luar biasa, tidak ada batasnya. Tidak ada yang bisa mengatakan di mana pengaruh
seorang yang mendidik dengan baik (atau tidak baik) ini berhenti.
(Semua yang dilakukan manusia bisa jadi
merupakan hasil dari pengaruh atau didikan orang yang mendidiknya dulu, sedikit
atau banyak.)
~ Henry
Brooks Adams ~
Teaching
is not a lost art, but the regard for it is a lost tradition.
Mendidik bukanlah sebuah seni atau
ketrampilan yang semakin menghilang, masih banyak orang yang mampu melakukannya
sampai sekarang. Cuma masalahnya, semakin banyak orang yang kehilangan
penghargaan akan peran sangat penting yang satu ini.
~ J
acques Barzun ~
Students
don't care how much you know until they know how much you care.
Siswa tidak peduli betapa pintarnya seorang
guru, yang mereka pedulikan adalah apakah guru tersebut juga peduli terhadap
dirinya.
~ Anonymous ~
Children
are like wet cement, whatever falls on them makes an impression.
Anak-anak itu mirip adonan semen basah.
Apapun yang jatuh ke atasnya, meninggalkan bekas, yang kalau tidak segera
dihaluskan kembali, bekas tersebut akan mengeras selamanya.
~ Haim
Ginott ~
The test
of a good teacher is not how many questions he can ask his pupils that they
will answer readily, but how many questions he inspires them to ask him which
he finds it hard to answer.
Indikasi bahwa seseorang bisa disebut guru
(pendidik) yang hebat bukanlah pada kemampuannya mengajarkan murid untuk pintar
menjawab semua jenis pertanyaan, tetapi pada kemampuannya menginspirasi murid
agar mengajukan pertanyaan yang dia sendirinya kesulitan untuk menjawabnya.
(Dengan kata lain, bila guru mengajar agar
murid bisa sama pintarnya dengan dia, itu biasa saja. Guru yang bagus adalah
yang bisa mendidik muridnya agar jauh lebih pintar dan lebih kritis daripada
dirinya sendiri.)
~ Alice
Wellington Rollins (1910-1997) ~
Teaching
kids to count is fine, but teaching them what counts is best.
Mengajarkan murid agar bisa berhitung itu
bagus, tetapi yang terbaik dan paling penting adalah mengajarkan mereka tentang
hal-hal yang tidak bisa dihitung nilainya (sesuatu yang sangat berharga dalam
hidup ini, seperti prinsip dan kode etik hidup, kebaikan, nilai moral,
pengabdian, dsb.).
~ Bob
Talbert ~
The
mediocre teacher tells. The good teacher explains. The superior teacher
demonstrates. The great teacher inspires.
Guru yang biasa-biasa saja memberi tahu. Guru
yang baik menjelaskan. Guru yang bagus menunjukkan bagaimana caranya. Tetapi
guru yang luar biasa menginspirasi murid-muridnya.
~ William
A. Ward ~
Education
is not the filling of a pail, but the lighting of a fire.
Pendidikan bukanlah seperti mengisi ember
yang kosong. Kepala murid-murid kita bukanlah seperti ember kosong yang boleh
seenaknya kita isi apa saja.
Pendidikan adalah seperti menyalakan api yang
telah atau hampir padam.
(Dengan kata lain, ketika kita mendidik
seorang anak, kita harus menyadari bahwa si anak sudah membawa
"bekal" mereka masing-masing di dalam pikiran mereka. Mereka sudah
memiliki pandangan dan latar belakang pengetahuan dari pengalaman hidup mereka
sebelumnya, dan ini harus dihargai guru. Tidak boleh sembarangan mengisi kepala
si anak.
Pendidikan yang benar adalah yang bisa
memanfaatkan "bekal" si anak ini dengan baik sehingga semakin
berkembang maksimal, seperti api yang dinyalakan kembali.)
~ William
Butler Yeats ~
If we
teach today's students as we taught yesterday's, we rob them of tomorrow
Jika cara mengajar dan apa yang kita ajarkan
kepada murid-murid kita hari ini sama saja dengan yang kemarin, maka kita
merampas masa depan anak didik kita tersebut.
Artinya, ilmu pengetahuan dan kemampuan hidup
berkembang terus. Jika fakta ini tidak kita pahami dan lalu ajarkan pada murid
kita, maka kita tidak mempersiapkan mereka dengan baik untuk menghadapi
tantangan masa depan yang jelas berbeda dari masa sekarang.
~ John
Dewey ~
Teaching is the one profession that creates all other professions.
Menjadi pendidik, (atau guru, baik formal
atau non-formal) adalah satu-satunya profesi yang menciptakan segala macam
jenis profesi lainnya.
~ Unknown ~
It is the
supreme art of the teacher to awaken joy in creative expression and knowledge.
Adalah suatu kemampuan luar biasa dalam diri
guru bila ia mampu menggugah rasa cinta anak didiknya akan daya cipta kreatif
dan ilmu pengetahuan.
~ Albert
Einstein ~
A child
cannot be taught by anyone who despises him, and a child cannot afford to be
fooled.
Guru yang tidak dengan tulus peduli pada si
anak tidak akan mungkin bisa mendidiknya meskipun di luarnya dia pura-pura
peduli. Ketulusan mendidik dengan baik datang dari hati.
~ James
Baldwin
Education
is not to reform students or amuse them or to make them expert technicians. It
is to unsettle their minds, widen their horizons, inflame their intellects,
teach them to think straight, if possible.
Pendidikan bukanlah untuk mengubah siswa,
atau menghibur mereka dengan pelajaran yang menyenangkan. Juga bukan untuk
menciptakan teknisi-teknisi yang ahli di bidangnya.
Pendidikan adalah untuk menantang siswa agar
selalu berpikir kritis dan ingin tahu. Pendidikan adalah juga untuk membuka
wawasan, menumbuhkan rasa cinta belajar, serta mengajar anak didik untuk
berpikir dengan benar, sebisa mungkin.
~ Robert
M. Hutchins ~
If a child
can't learn the way we teach, maybe we should teach the way they learn.
Bila seorang anak tidak bisa belajar dari
cara kita mengajarkan sesuatu kepadanya, mungkin kitalah yang harus mengubah
cara mengajar kita agar sesuai dengan cara belajar mereka.
~ Ignacio
'Nacho' Estrada ~
We are
what we repeatedly do. Excellence then, is not an act, but a habit.
Yang membentuk kepribadian kita adalah apa
yang kita lakukan berulang kali. Karena itu, kesempurnaan tidaklah dicapai
dengan sebuah tindakan sekali saja, tetapi oleh serangkaian kebiasaan baik yang
kita lakukan berulang kali.
~ Aristotle ~
As a
general rule, teachers teach more by what they are than by what they say.
Sebagai aturan umum, seharusnya guru
mengajarkan dengan contohatau keteladanan dan bukan hanya kata – kata.
~ Unknown ~
ever do
anything for a student that he is capable of doing for himself. If you do, you'll
make him an educational cripple ... a pedagogical paraplegic.
Jangan pernah lakukan untuk siswa/anak didik
Anda apapun yang mereka mampu melakukannya sendiri. Karena kalau ini Anda
lakukan, Anda akan menjadikan mereka orang-orang yang "lumpuh" dalam
pendidikan.
~ Howard
Hendricks ~
Educating
our children is not just about imposing a body of knowledge on them. Rather, it
involves preparing children from the early years for the world in which they
will come of age. It means instilling a love for lifelong learning, creativity,
self-expression and an appreciation for diversity.
Mendidik anak-anak kita bukan berarti
mengajarkan kepada mereka sekumpulan ilmu pengetahuan semata.
Lebih penting lagi, mendidik berarti
mengajarkan kepada anak-anak kita sejak usia dini, kemampuan untuk siap dan
mampu menghadapi tantangan dunia masa depan yang akan menjadi ajang hidup
mereka nantinya.
Dan ini berarti menanamkan keingintahuan dan
rasa cinta belajar seumur hidup, kreativitas, keberanian mengemukakan pendapat
dan berekspresi, serta penghargaan akan segala bentuk perbedaan (antar
manusia).
~ Her
Majesty Queen Rania Al Abdullah of Jordan ~
(diambil dari berbagai sumber)
No comments:
Post a Comment