mencari topik lain

Friday, July 20, 2012

Psikologi Kognitif dan Pendidikan Taklif

pic by danbo
Dalam perkembangan anak, secara teori terbagi atas level – level perkembangan. Dan setiap masa perkembangan mengenal tugas perkembangan, yaitu sebuah aktifitas atau kemampuan yang menjadi tolak ukur keberhasilan sebuah tahap perkembangan tersebut.
Kemampuan seorang anak menyelesaikan sebuah tugas perkembangan akan berpengaruh positif pada penyelesaian tugas perkembangan berikutnya. Dan demikina pula sebaliknya.

Pada artikel kali ini saya akan mencoba menggabungkan antara tahapan perkembangan psikologi yang ditinjau dari perkembangan kognitif menurut Jean Piaget dan pendidikan apa yang harus dilakukan orang tua menurut Islam yang pada artikel ini saya ambil dari dari bukunya M. Fauzil Adhim yang berjudul ‘Mendidik Anak Menuju Taklif’.

Sunday, July 8, 2012

MUTIARA ANAK

sumber danbo
If kids come to us from strong, healthy functioning families, it makes our job easier.
If they do not come to us from strong, healthy, functioning families, it makes our job more important.
Sebagai seorang guru (pendidik), bila murid-murid kita berasal dari keluarga yang harmonis dan bahagia, maka tugas kita akan semakin mudah.
Tetapi bila murid kita TIDAK berasal dari keluarga yang harmonis dan bahagia, maka tugas kita menjadi semakin PENTING.
(Walau lebih mudah mendidik anak-anak yang "sudah baik", tetapi tugas pendidik yang sejati adalah mendidik mereka yang masih "mencari jalannya" ini.
~  Barbara Colorose   ~


Teachers affect eternity; no one can tell where their influence stops.
Guru atau pendidik memiliki pengaruh yang luar biasa, tidak ada batasnya. Tidak ada yang bisa mengatakan di mana pengaruh seorang yang mendidik dengan baik (atau tidak baik) ini berhenti.
(Semua yang dilakukan manusia bisa jadi merupakan hasil dari pengaruh atau didikan orang yang mendidiknya dulu, sedikit atau banyak.)
~  Henry Brooks Adams  ~